Home » , » Obat Demam Tradisional untuk Anak

Obat Demam Tradisional untuk Anak

Obat Demam Tradisional untuk Anak


Obat Demam Tradisional untuk Anak. Melihat buah hati sedang sakit panas dan demam  tentu membuat fikiran  kita tidak tenang.  Apalagi jika demam buah hati kia  tidak kunjung turun.  Rasanya jadi ikut sedih melihat si anak terlihat kuyu dengan kondisi masih hangat ketika diraba dengan tangan.  Tapi kadang masih ada perasaan lega ketika melihat anak yang demam namun masih tetap doyan makan ataupun masih kuat minum asi. 

Kebanyakan orang tua ketika melihat anaknya sedang sakit demam atau  panas biasanya langsung membawanya ke dokter.  Dan ada juga orang tua yang sangat sabar dengan kondisi demam anaknya.  Kadang ada yang menunggu dulu panasnya sampai reda, dicari dulu apa penyebab dari demam si anak.  Apakah demam dikarenakan sakit pada organ tubuh yang lain? Mungkin kita bisa meng introgasi anak dengan menanyakan “dek apana yang sakit? Adek merasa sakit yang mana?”. Biasanya ketika ditanyakan hal seperti itu anak akan menjawab dengan menunjukkan bagian mana yang sakit.walaupun anak belum bisa menyebutkan keluhan apa, namun anak bisa menunjukkan bagian organ tubuh mana yang sakit.
Perlu diketahuan, anak dalam kondisi demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat celcius. Cara pengukurannya dengan alat thermometer. Bukan dengan perkiraan perasaan dari rabaan kita, karena rabaan hanya mendeteksi suhu tubuh, untuk mengetahui tingkat suhunya kita menggunakan thermometer.

Demam yang terjadi pada anak adalah reaksi tubuh untuk melawan serangan  virus, bakteri  atau pun kuman.  Sebenarnya demam pada anak ini biasanya sedang meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan virus, Bakteri maupunkuman. Namun juga da kemungkinan bahwa karna pengaruh lingkungan sekitar. Sehingga tubuh menyesuakin dengan suhu lingkungan.

Demam anak juga dapat menjadi detektor barbagai beberapa penyakit seperti penyakit tifus, malaria, dan penyakit DBD atau demam berdarah dengue. Namun demam bisa juga menjadi sinyal positif  bahwa kondisi tubuh sedang dalam keadaan baik. Namun para bunda juga harus waspada ketika anak sedang demam mana kala tidak mau munum Asi atau pun makan dan minum.
Penanganan penyakit demam pada anak kita dapat melakukan tindakan dengan memberikan kompresan air pada anak.  Air kompresan ang digunakan bisa dengan air hangat. Tidak dianjurkan dengan air dingin karena justru akan membahayakan kesehatan anak.
Lalau apakah ada obat alami yang bisa menurunkan demam anak??kasihan anak jika terus menerus minum obat-obatan kimia setiap kali dia demam. Dan bagaimanakah cara penangannannya. Mari kita lihat dibawah ini.

Langkah-langkah membuat obat alami untuk demam dan panas pada anak

Bahan-bahan
-  Garam sedikit
-  Minyak kelapa 1 sendok makan
- Jeruk nipis 1 buah
-  Bawang merah 3 biji

Langkah-langkah
-          Jaruk nipis yang sudah dicuci kemudian dipotong dan diperas airnya
-          Bawang merah dicuci, kemudian diparut dengan parutan yang telah dilapisi dengan daun pisang
-          Tambahkan sedikit garam pada air jeruk nipis dan bawang merah tadi dan dicampur dengan minyak, jika ada mminyak zaitun akan lebih baik.
Cara pemakaian
-          Ramuan tadi dikompreskan pada ubun-ubun anak

Untuk membantu menurunkan panas, bisa mengkonsumsi madu. Ini sangat baik bagi tubuh, sehingga membantu penurunan demam pada anak. Sajikan madu dalam keadaan dingin, maksudnya bukan dingin karena buatan tetapi dingin alami.

Cara membuat madu dingin

Tunagkan madu secukupya kedalam gelas dan ditambahkan air. Kemudian aduklag menggunakan sendok stenlis, bukan plastik dengan arag berlawanan dengan jarum jam. Nah, madu sudah siap disajikan.
Cukup sekian, semoga bermanfaat. Dan bunda tidak perlu cemas atau kawatir selagi anak masih mau makan dan minum asi. Dan perbanyak minum anak, karena akan membantu metabolisme tubuh. Jika anak banyak kencing, itu berarti bagus. Karena dengan kencing akan menurunkan demam pula bersamaan dengan air kencing tersebut.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger