Home » , » Manfaat Buah Apel untuk kesehatan kita

Manfaat Buah Apel untuk kesehatan kita

Manfaat Buah Apel


Manfaat buah apel sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat. Buah satu ini mempunyai warna cukup menarik dan rasanya lezat, selain itu buah apel mempunyai kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup baik bagi kesehatan tubuh manusia. Buah apel sendiri dikenal mempunyai warna merah yang menggoda meskipun pada kenyataannya tidak semua apel mempunyai warna merah. Ada warna lainnya seperti hijau, kuning, bahkan hijau-kuning agak kemerahan. Buah apel memiliki daging buah yang keras agak lembek.
Sejak tahun 300 SM, buah apel sudah dibudidayakan. Kala itu, tanaman apel yang dibudidayakan di Asia umumnya berbentuk kerdil. Selanjutnya tanaman ini menyebar ke Eropa. Di Eropa, buah apel hanya dipanen ketika musim gugur mulai berakhir untuk kemudian disimpan. Selama bertahun - tahun lamanya, penelitian terhadap buah apel terus berlanjut. Oleh karenanya, berbagai penemuan baru seputar manfaat buah apel selalu diperbaharui. Apabila anda penasaran mengenai manfaat buah satu ini, berikut telah kami rangkum beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan.

ü  Menyehatkan pencernaan dan membantu fungsi usus halus
Studi untuk meneliti manfaat buah apel bagi pencernaan ini awalnya dilakukan pada tikus. Ekstrak apel telah disiapkan secara khusus untuk kemudian diberikan sebagai campuran makanan tikus dan ternyata hasilnya mengejutkan. Sebanyak 43% tikus dalam studi yang diberi makanan ekstrak apel  diketahui memiliki risiko lebih rendah untuk terserang kanker usus. Apabila ekstrak tersebut memiliki dampak positif pada tikus, maka kemungkinan besar menunjukkan hal yang sama pada manusia. Selain itu, pencernaan selalu terkait dengan fungsi usus halus dalam pemrosesan makanan dan penyerapan nutrisinya. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin, maka gangguan pencernaan dan konstipasi bisa dicegah.

ü  Menetralisir gula darah
Diabetes merupakan penyakit yang menakutkan di saat ini. Hal ini berbeda dibandingkan kondisi 20 - 30 lalu yang mana penyakit degeneratif cukup jarang ditemui. Ada kabar baik bagi anda yang ingin terhindari dari diabetes. Rasa manis dalam buah apel ternyata mampu mengontrol tingkat gula darah, meskipun ada pula yang menyebutkan kalau diabetes disebabkan faktor keturunan.

ü  Menurunkan kolesterol
Mengkonsumsi sebanyak dua buah apel per harinya ternyata terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol darah. Dijelaskan bahwa sebanyak 16% lemak jahat dalam tubuh bisa dikurangi dengan  mengkonsumsi apel secara teratur.

ü  Mencegah Pikun
Kandungan quercetin dalam buah apel ternyata mampu melindungi otak agar terbebas dari bahaya radikal bebas pemicu penyakit alzheimer. Suatu studi tentang manfaat ini telah dilakukan di sebuah universitas ternama yang bernama Cornell.

 ü  Mencerdaskan Otak
Selain mencegah kepikunan atau penyakit alzheimer, Asetilkolin yang terkandung pada buah apel mampu dimanfaatkan untuk membantu peningkatan kecerdasan otak. Melalui konsumsi buah apel secara rutin, daya ingat akan semakin meningkat.

ü  Merawat Gigi
Bila anda menginginkan gigi yang putih dan sehat, memakan apel secara rutin tiap harinya bisa dijadikan solusi. Memakan buah apel secara rutin akan membuat gigi senantiasa terasa bersih, selain itu virus dan bakteri perusak gigi dan gusi juga bisa dihilangkan melalui konsumsi buah apel.

ü  Memulihkan Stamina Tubuh
Apabila anda sedang dalam kondisi tidak fit atau merasa tidak bertenaga, sebaiknya segeralah makan buah apel. Buah apel diketahui mampu mengembalikan stamina tubuh yang hilang dikarenakan berbagai faktor. Buah apel juga sering diberikan pada pasien yang berada dalam fase penyembuhan.

ü  Menjaga kesehatan kulit
Kulit adalah bagian pelindung dari tubuh manusia. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, apel mempunyai kandungan nutrisi untuk kesehatan kulit. Karena kandungan ini juga, tidak jarang sebagian orang memanfaatkan buah apel sebagai solusi untuk menghilangkan jerawat serta bekas jerawat pada kulit.

ü  Menyehatkan mata
Rabun senja merupakan momok menakutkan bagi kaum manula karena penyakit ini mampu mengurangi ketajaman penglihatan mereka. Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit rabun senja, konsumsilah buah apel sejak dini.

ü  Menekan perkembangan sel kanker di paru - paru
Manfaat ini diambil dari sebuah studi sebelumnya yang melibatkan sebanyak 10.000 partisipan. Pada studi tersebut, seluruh partisipan mengkonsumsi apel dalam jumlah berbeda. Fakta uniknya, para partisipan yang memakan lebih banyak buah apel ternyata tidak beresiko mengalami kanker paru - paru sebesar 50%. Hingga sekarang masih diteliti apakah zat yang terkandung dalam buah apel seperti quercetin dan flavonoid yang bertanggung jawab atas hal ini.  

ü  Mengobati ashma
Jus apel memiliki banyak manfaat selain diolah menjadi minuman menyegarkan. Belakangan ini ada penelitian yang mengungkapkan bahwa seorang anak yang meminum jus apel secara rutin tiap harinya ternyata kurang beresiko terserang ashma.


Itulah kumpulan manfaat buah apel untuk kita ketahui. Sebenarnya masih banyak manfaat buah apel bagi kesehatan kita. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda.

Kunjungi Artikel Lainnya
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger