Home » » Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Mengatasi Bau Mulut


Mengatasi Bau Mulut-Bau mulut kerap menjadi satu masalah tersendiri dalam pergaulan. Bau mulut yang tidak sedap dapat membuat lawan bicara kita merasa kurang nyaman. Itulah sebabnya, bau mulut sering menjadikan rasa percaya diri seseorang menurun. Akibatnya, muncul rasa minder ketika akan berbicang dengan lawan bicara. Tentu saja masalah bau mulut bukanlah persoalan sepele. Orang yang menderita masalah bau mulut bisa saja tidak menyadari bahwa mulutnya mengeluarkan bau tidak sedap ketika berbicara. Di lain pihak, lawan bicaranya pun juga segan untuk memberitahukan hal tersebut. 

Penyebab munculnya bau mulut
Bau mulut sendiri tidak muncul begitu saja tanpa ada penyebabnya. Masalah ini sebenarnya dipicu oleh beberapa hal. Di antara beberapa hal tersebut adalah:

Makanan
Makanan yang dimaksud disini adalah jenis makanan yang memiliki aroma tajam semisal petai, jengkol, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya yang apabila dimakan berpotensi menimbulkan bau tidak sedap dan menusuk pada mulut, bahkan setelah menggosok gigi. 

Bakteri
Bau mulut dapat dipicu oleh perkembangbiakan bakteri dalam mulut. Perkembangbiakan bakteri ini biasanya berkaitan dengan kondisi gigi berlubang. Gigi sendiri menjadi tempat persembunyian berbagai mikroorganisme selain lidah. Mereka selanjutnya berkembang biak serta mengeluarkan racun dan bau yang tidak sedap.

Kebiasaan buruk
Kebiasaan merokok dan mengunyah tembakau adalah kebiasaan tidak baik yang dapat memicu munculnya bau mulut tidak sedap. Bagi para perokok, bau mulut sering menjadi satu kendala yang lazim mereka alami. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini sedikit demi sedikit. maka dari itu mulailah diri anda dengan kebiasaan baik dimulai dengan Kebiasaan Sehat di Pagi Hari.

Masalah pada perut
Maag ternyata juga dapat memunculkan bau mulut ketika bersendawa. Diet dengan makanan rendah karbohidrat diketahui bisa menyebabkan terjadinya ketosis atau kondisi pembakaran lemak dalam tubuh pemicu bau tidak sedap.

Kriptus
Kriptus adalah pemicu dari halitosis (suatu kondisi dimana tercium bau tidak sedap ketika bernapas). Letak kriptus berada pada lubang amandel. Jika  amandel terlalu lebar dan menggumpal, maka bau tidak sedap akan mengumpul pada lubang tersebut. Gumpalan tersebut terkadang berbau tidak sedap dan memicu bau mulut.


Cara mengatasi bau mulut
Bagi anda yang mengalami masalah bau mulut tidak sedap, ada beberapa solusi mudah untuk mengatasi hal ini. Berikut cara-cara sederhana yang direkomendasikan oleh beberapa ahli kesehatan mulut sebagaimana dikutip dari beberapa sumber: 

Menyikat gigi dan lidah 
Selain menggosok gigi, menyikat lidah apabila dilakukan secara rutin dan benar dapat mengurangi masalah bau mulut. Sikatlah lidah pada bagian belakangnya ketika anda menggunakan jenis pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal ini dukup efektif membunuh bakteri pemicu bau mulut. Dari sebuah studi sebelumnya diketahui bahwa menyikat lidah mampu mengurangi bau mulut hingga sebesar 70%.

Berkumur
Berkumur juga terbukti mampu mengurangi bau mulut. Bila anda hendak berkumur, maka berkumurlah menggunakan peroksida karena ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Flossing
Membersihkan gigi dan sela-selanya menggunakan benang gigi atau flossing dapat anda coba karena cara ini cukup efektif untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Selain itu, flossing dapat menghilangkan plak pada gigi.

Makan yogurt atau permen karet jenis Xylitol
Bagi anda penderita bau mulut, coba konsumsi yogurt agar bakteri pada usur dapat terisi kembali. selain itu, kunyah permen karet jenis xylitol untuk meminimalisir bau mulut. Makan permen karet diketahui dapat meningkatkan jumlah air liur untuk membilas bakteri dalam mulut. Selain itu, anda juga dapat mengonsumi seledri dan peterseli yang bersifat antibakteri dan antijamur.

Perbanyak minum
Minum air juga dapat menjadi solusi untuk meluruhkan sisa makanan dalam mulut yang tertinggal. Minum air juga disarankan untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada mulut akibat kondisi mulut kering. Kondisi ini bisa terjadi akibat kurangnya cairan, efek obat-obatan tertentu atau pernapasan pada mulut. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi ait putih. Untuk mengetahui manfaat air putih anda dapat membaca "Dampak Kurang Minum Air Putih bagi Kesehatan".

Cek Sinus
Sinus bisa juga menyebabkan bau mulut. Terjadinya infeksi sinus adalah sebab yang mendasari kemunculan bau mulut

Cara-cara tersebut dapat anda coba untuk mengurangi masalah bau mulut. Cukup mudah untuk dipraktekkan bukan? Apabila cara-cara tersebut ternyata masih tidak berhasil membantu anda mengurangi dan mengatasi bau mulut, maka konsultasikan masalah ini bersama dokter gigi anda. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, dan tentunya harus konsisten.

    BalasHapus

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger