Home » » Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bit


Tanaman bit adalah jenis tanaman umbi-umbian berbentuk bulat menyerupai kentang dan berwarna merah gelap keunguan. Daun bit sendiri dapat dimasak sebagaimana sayuran hijau yang lain. Tanaman bit sebenarnya berasal dari daerah Mesopotamia yang selanjutnya menyebar ke beberapa negara di Asia dan Eropa. Manfaat buah bit untuk kesehatan sebenarnya sudah lama diketahui. Buah bit kaya kandungan karbohidrat (berbentuk gula dengan kandungan lemak dan protein rendah) yang mudah dikonversi menjadi energi. Selain itu, bit juga mengandung zat besi untuk membantu darah membawa oksigen menuju otak. Buah bit berwarna merah gelap keunguan karena adanya gabungan pigmen kuning (betasantin) dan pigmen ungu (betasianin). Meski mengandung karbohidrat, anda tidak perlu khawatir berat badan anda mengalami kenaikan apabila mengkonsumsi bit. Hal ini karena bit memiliki kalorin yang rendah. 

Salah satu manfaat buah bit yakni menambah cadangan enerji bagi tubuh. Selain dibuat jus, manfaat buah bit juga bisa diperoleh dengan mengolahnya menjadi salad, dihaluskan untuk campuran sup, dan lain sebagainya. Yang mesti diperhatikan disini, apabila pada jenis buah-buahan lain kulitnya sering dianjurkan untuk ikut dimakan, namun pada akar tanaman bit, sebaiknya kulit dibuang. Kandungan dalam buah bit dapat menyeimbangkan kadar asam dan basa tubuh, sehingga sangat cocok untuk menjaga keseimbangan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan dalam buah bit:

a) 14.8% Kalium 
b) 34%, Asam Folat
c) 10.2% Vitamin C  
d) 13.6% Serat
e) 9.8% Magnesium
f) 7.4% Zat Besi 
g) 1.4% Triptofan
h) 6.5% Fosfor baga
i) 6.5% Tem
j) Betasianin (untuk mencegah kanker)
k) Caumarin (untuk mencegah pembentukan tumor)

Manfaat buah bit bagi kesehatan
Banyak sekali khasiat dan manfaat buah bit bagi kesehatan. Berikut akan kami tampilkan sebagian manfaat yang bisa kita peroleh dari buah yang satu ini bagi kesehatan kita:

1) Sebagai obat untuk hati. 
Selain sebagai obat organ hati, manfaat lain yang berkaitan dengan fungsi hati adalah sebagai pembersih alami bagi kandung empedu dan ginjal, melawan radang dan infeksi, serta mengatasi batu ginjal. Untuk manfaat-manfaat tersebut, kombinasi jus buah bit, ketimun, dan wortel adalah pilihan terbaik guna membersihkan kandung empedu dan ginjal dari racun. Masih berkaitan dengan pembersihan racun, bit dapat dimanfaatkan untuk detoksifikasi dan pembersihan bagian dalam perut kita. Sedangkan kombinasi yang bisa dipilih untuk mengolah jus detoks adalah: 1 buah pir, 1 buah apel, 1/2 buah bit dengan ukuran besar. Kesemuanya dihaluskan dalam blender. Berikutnya aduk bersama pysllium husks (bisa dibeli pada toko makanan organik dan makanan sehat) sebanyak 2 sdm. Segera minum.

2) Menunjang fungsi darah, mengatasi anemia, melancarkan sirkulasi darah, memperkuat imunitas, serta menghasilkan sel darah merah.
Bit yang warnanya agak kemerahan sering dihubungkan dengan darah manusia yang berwarna merah, sehingga bit dimanfaatkan untuk mengatasi anemia. Sedangkan yang sebenarnya dapat mengatasi masalah anemia adalah zat besi di dalamnya yang tinggi. Zat besi ini mampu me-reaktivasi serta memperbaharui sel-sel darah merah, selain itu menyuplai kebutuhan oksigen yang penting bagi sel darah merah tersebut.
Cara mengolah jus untuk anemia: 
- Cuci bersih buah bit, kemudian kupas kulitnyaa 
- Potong dan haluskan dalam blender atau bisa juga diparut  
- Lalu peras dan ambil airnya (sebanyak 1 gelas)  
- Segera minum

3) Menghancurkan sel kanker dan tumor.
Jus buah bit memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan para penderita masalah kanker. Sedangkan resep untuk membuat jus antioksidan penangkal kanker adalah sebagai berikut: 
- 2 buah wortel berukuran sedang, cincang
- ½ buah bit berukuran sedang, cincang
- 1-2 batang selederi 
- 30 gr bayam 
- 4 batang parsley 
Kesemua bahan diatas dijus, lalu segera minum.
Selain buah bit masih ada lagi cara untuk mengobati kanker dengan tanaman-tanaman yang lain, anda dapat membacanya lebih lengkap pada artikel "Tanaman Obat Kanker dan Kanker payudara"
dan bagi anda yang memiliki penyakit kanker serviks dapat mengetahui gejala-gejalanya dengan membaca "Gejala dan Penyebab Kanker Serviks"


4) Menurunkan kolesterol.
Kandungan dalam bit ternyata juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk cara pengolahannya kurang lebih sama seperti sebelumnya, yakni dengan dijus. Bila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan kolesterol anda dapat mengikuti cara-cara menurunkan kolesterol dengan langkah-lngkah yang benar dengan membaca "Cara Menurunkan Kolesterol Yang Benar"

5) Mengatasi masalah pencernaan
Bila anda bermasalah dengan pencernaan, seperti diare, disentri, rasa nyeri dan mual, minumlah jus bit dengan dicampur wortel dan 1 sdm air jeruk nipis atau jus lemon. Mengkonsumsi jus bit dengan dicampur 1 sdm madu pada pagi hari menjelang sarapan dapat membantu mengurangi rasa ‘sebah’ pada perut. 

6) Penghasil tenaga serta menyeimbangkan tubuh. 
Mengkonsumsi jus bit terbukti mampu meningkatkan stamina. Dengan mengkonsumsi jus bit,  kita bisa berolahraga 16% lebih lama. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat dalam bit yang mampu mengurangi pembakaran oksigen ketika berolahraga, sehingga lelah yang disebabkan aktivitas berolahraga jadi berkurang. 

7) Pewarna alami makanan 
Kandungan betanin dalam bit yang berwarna merah menyala dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami, contohnya untuk es krim, jeli, pewarna telur paskah, dan sebagainya.

8) Mengatasi ketombe
Untuk mengatasi ketombe, rebuslah bit dengan dicampur beberapa tetes cuka alami atau apple cider vinegar. Kemudian oles dan pijatkan dengan lembut pada kulit kepala. Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk dan biarkan semalaman. Keesokannya, bilas dan cuci rambut hingga bersih.  

9) Menurunkan kondisi tekanan darah, membantu menyehatkan pembuluh dan darah jantung 
Pada penelitian sebelumnya, para ilmuwan Amerika Serikat dan Inggris telah menyarankan penderita hipertensi mengkonsumsi jus bit hingga 500 ml setiap hari. Terbukti secara signifikan bahwa mengkonsumsi jus umbi bit dapat menurunkan hipertensi. Nitrat yang terkandung dalam bit (ditemukan juga pada sayur yang berdaun hijau) mampu menurunkan atau mengontrol tekanan darah.

Demikianlah beragam manfaat buah bit untuk kesehatan. Sungguh manfaat yang benar-benar di luar dugaan. Semoga indormasi ini dapat membantu anda untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda. 

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger