Home » » Keunggulan dan Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan

Keunggulan dan Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan

Keunggulan dan Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan;-Sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum mengenal atau mengerti sepenuhnya  manfaat susu kambing bagi kesehatan. Bila kita bandingkan dengan susu sapi. Susu kambing ternyata merupakan salah satu minuman kesehatan  paling sempurna bagi manusia, hal ini dikarenakan struktur kimia dari susu kambing begitu mirip dengan ASI manusia. Akan tetapi, Susu kambing memang memiliki karakteristik yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan air susu ibu (ASI) apalagi susu sapi. Pastinya, susu kambing mempunyai daya cerna yang sangat  tinggi, tingkat keasamannya khas, dan kapasitas buffer cukup tinggi, juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit tertentu. 

manfaat susu kambing


Berikut beberapa keunggulan susu kambing dibandingkan susu lainnya (susu sapi):

1. Susu kambing mengandung banyak nutrisi, juga lebih cocok bagi tubuh manusia dibandingkan susu sapi, karena struktur gizi dan komposisi susu kambing sangat menyerupai ASI sehingga sangat mudah dicerna dan berbaur / berasimilasi dalam tubuh seperti ASI.

2. Susu sapi menghasilkan produksi lendir atau dahak sehingga memicu gangguan pada sistem pernapasan, sementara susu kambing tak menghasilkan lendir bahkan dapat menetralisir kelebihan lendir.

3. Susu kambing memiliki lebih banyak kandungan vitamin A dan bentuknya tidak berupa betakaroten seperti halnya susu sapi, oleh karenanya susu kambing berwarna lebih putih dibandingkan susu sapi.

4. Susu kambing memiliki lebih banyak kandungan kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, tembaga, dan selenium (zat antioksidan). 

5. Susu kambing memiliki lebih banyak kandungan vitamin B6 dan B3, serta lebih rendah kadar asam folat dan B12-nya.

6. Susu kambing memiliki globul-globul lemak berukuran lebih kecil serta struktur proteinnya berbeda dan memiliki lebih banyak kandungan asam amino esensial dibandingkan susu sapi, Oleh karenanya, protein dan lemak susu kambing bisa lebih cepat dan mudah dicerna tubuh serta jarang sekali memicu reaksi alergi

7. Susu kambing sifatnya basa, berbeda dengan sifat asam pada susu sapi.

8. Kadar laktosa dalam susu kambing lebih rendah serta tidak menimbulkan intoleransi laktosa yang gejalanya berupa diare dan sebagainya.

9. Susu kambing memiliki kandungan asam lemak esensial semisal asam linoleat (LA) dan asam arakhidonat (AA). Selain itu, susu kambing mengandung asam lemak rantai sedang atau Medium Chain Trygliserid (MCT) yang lebih banyak dimana asam lemak ini penting bagi kesehatan seperti menurunkan kolesterol, sebagai pasokan energi yang cepat serta tidak disimpan dalam bentuk lemak.

10. Susu kambing sifatnya secara alami homogen sebab tidak memiliki kandungan agglutinin yang menyebabkan lemak pada susu sapi menjadi terpisah dari unsur-unsur lainnya. Karena kandungan agglutinin itulah, susu sapi perlu melewati rangkaian proses homogenisasi untuk menjadi homogen. Homogenisasi tersebut akan mematikan radikal bebas penyebab penyakit-penyakit degeneratif semisal stroke, jantung, dan kanker.

Jadi begitu banyak keunggulan dari susu kambing dibandingkan dengan susu sapi. Sedangkan manfaat susu kambing bagi kesehatan kita diantaranya adalah: 

1. Memiliki molekul lemak kecil sehingga sangat mudah untuk dicerna.

2. Meningkatkan kepekaan, daya ingat, serta mencegah penuaan diri.

3. Tinggi protein, kalsium, enzim, selenium, mineral, vitamin A & B.

4. Mengandung fluorin dengan sifat antiseptiknya. Selain itu  juga mampu melindungi paru-paru dan berfungsi mengurangi perkembangan bakteri  di dalam  tubuh.

5. Mengobati penyakit kulit, demam kuning, asma, gastric, dan insomnia.

6. Mengatasi TBC (Tuberkulosis). Kandungan lemak dalam susu kambing berfungsi sebagai bahan pembakar bagi tubuh, karbohidrat untuk sumber tenaga, protein bagi pertumbuhan otot, serta zat-zat lain guna memulihkan kesehatan.

7. Baik untuk pertumbuhan bayi dan anak-anak. 

- Susu kambing banyak mengandung vitamin A yang bisa menunjang pertumbuhan serta perkembangan 
bayi dan anak-anak. Selain itu juga  menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh, memperkuat gigi dan tulang, serta membantu proses pertumbuhan sel-sel baru.

- Sebagai alternatif terbaik untuk anak-anak yang cukup alergi pada susu kedelai atau susu sapi 

- Memperkuat sistem kekebalan (immune system)

- Cocok bagi anak autis sebab tidak memiliki kandungan glutein

8. Mengatasi Osteoporosis. Kalsium dan potasium dalam susu kambing mampu mencegah kerapuhan tulang serta menyehatkan jantung.

9. Menurunkan kolesterol. Rantai lemak pendek dalam susu kambing sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani diet atau memiliki kolesterol  tinggi.

10. Bermanfaat untuk ibu hamil dan sedang menyusui :

- Memperbanyak dan memperlancar ASI

- Mencegah anemia

11. Bermanfaat untuk manula: 

- Sebagai sumber tenaga

- Membantu mengatasi masalah tulang dan persendian 

- Melawan kepikunan

- Mengatasi masalah pencernaan (gangguan pencernaan biasanya dialami mereka yang berada dalam usia lanjut). 

12. Baik untuk kesehatan jantung. Berkat kandungan tinggi kalium yang ada di dalamnya, susu kambing terbukti baik untuk kesehatan jantung. Hal Ini karena kalium mampu menekan risiko stroke, mengontrol tekanan darah, serta mencegah aterosklerosis (sejenis radang pembuluh darah).

13. Menurunkan berat badan. Kandungan protein dalam susu kambing baik bagi anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Tapi ingat bahwa susu kambing juga tinggi kalori, sehingga jangan berlebihan mengkonsumsinya..

14. Sebagai penambah energi. Riboflavin (vitamin B2) dan protein pada susu kambing sangat bagus untuk menambah pasokan energi. Jika anda cepat lelah atau kekurangan energi di siang hari, coba minumlah susu kambing.

Demikian berbagai keunggulan dan manfaat susu kambing bagi kesehatan. semoga informasi ini dapat berguna bagi anda. 

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger