Home » , » Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan tubuh Pria dan Wanita

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan tubuh Pria dan Wanita

Manfaat Jeruk Nipis


Jeruk nipis merupakan buah yang tidak asing bagi kita.Jeruk nipis sudah diketahui sejak lama sebagai Tanaman obat yang memiliki banyak manfaat.Tanaman ini memiliki buah yang rasanya masam dan sekikit pahit.

Secara umum  masyarakat Indonesia memanfaatkan buah jeruk nipis ini adalah salah satu bumbu masak yang berfungsi antara lain penyegar, minuman, sebagai penyedap masakan, membersihkan karat pada logam, penyegar,   bahan campuran jamu,   dan juga bahan pembuat asam sitrat,.
Jeruk nipis ini secara alami juga berfungsi sebagai obat batuk, menghilangkan dahak (mukolitik), melancarkan keringat dan kencing (diuretik) ,selain itu sangat baik untuk bagi pencernaan kita.
Buah Jeruk Nipis ini ternyata memiliki beberapa kandungan didalamnya antara lain Linalool, Hesperidine dan minyak terbang Limonene  , seperti Poncirin, flavonoid,  Naringin dan Rhoifolin  . Jeruk Nipis yang sudah masak mengandung N-methyltyramine, Synephrine,  Asam sitrat, Kalsium,Besi, Fosfor,  serta Vitamin C, B1, dan A . Sedangkan kandungan Asam sitrat bergunauntuk  mencegah kambuhnya pasien usai operasi batu ginjal.


Dr. Setiawan Dalimartha dari Hiptri (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia) dan Ibu Hj. Sarah Kriswanti, merupak salah seorang herbalis di kota Bandung, memiliki beberapa Ada beberapa tips mengenai manfaat jeruk nipis ini,adapun tips tersebut antara lain:

1. Untuk Meningkatkan kinerja pencernaan
Dengan Mengkonsumsi jeruk nipis yang disajikan pada segelas air hangat akan memberikan dampak positif pada proses oragan pencernaan kita. Hal ini berfungsi merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan dalam tubuh, sehingga membantu Anda tetap aktif dan sehat.

2. Untuk Meningkatkan daya tahan tubuh
Tanaman ini meliki Kandungan vitamn C yang berfungsi  memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan berbagai penyakit lainnya. Dengan kekebalan dan daya tahan  tubuh yang meningkat maka akan menjaga dan melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

3. Untuk Menghambat Penuaan
Vitamin C yang terdapat pada  jeruk nipis yang berfungsi  sebagai antioksidan alami. Dengan ini   radikal bebas mamapu dilawan oleh tubuh yang mana sangat berbahaya bagi tubuh kita yang menjadi penyebab rusaknya sel kulit . Apabila anda ingin awet muda, maka minumlah air jeruk nipis yang hangat  guna mencegak kerutan pada kulit akibat penuaan dini pada kulit anda.

4. Untuk Menurunkan berat badan
Para Pengamat berat badan sering menganjurkan agar mengkonsumsi air buah jeruk nipis panas setiap harinya. Selain memberikan rasa kenyang pada diri kita, jeruk nipis juga mempunyai serat dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan.

5. Untuk Mengobati batuk
Adan bisa mengobati batuk dengan cara mengambil Satu jeruk nipis yang dicuci, kemudian diperas, selanjutnya dicampur dengan 1 sendok makan madu dan berikan sedikit garam, aduk sampai rata lalu disaring. Minumlah 2-3 kali sehari. Atau dengan  perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu sampaikemuadian diaduk hingga rata, dan diminum 1 kali sehari sampai sembuh
.
6. Untuk Menyembuhkan batuk disertai Influenza
Ambil jeruk nipis yang sudah masak dan mengandung banyak air, kemudian  potonglah  , lalu peras. Seduh air perasannya yang dicampur dengan  60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

7. Untuk Mengobati Demam atau Flu
Ada dua cara dalam mengobati demam dan flu
Cara 1
Ambil 1 jeuk nipis yang telah dicuci kemuadia diperas, tambahkan 3 siung bawang merah kemudian lumatkan  dantambah minyak kelapa 1 sendok, dan dioleskan pada kening penderita
Cara 2:
1,  Ambil Jeruk nipis, kemudian pangganglah sebentar , kemudian peras jeruk nipis tadi yang sudah dipanggang di camour dengan 1 sendok madu, langsung diminum.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger