Home » » Tips Mengobati Diabetes Melitus

Tips Mengobati Diabetes Melitus

Diabetes Melitus


Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan di samping kanker dan jantung.  Diabetes sendiri menurut badan kesehatan menduduki posisi ke 3 penyakit yang mematikan. Diabetes disebabkan karena tidak berfungsinya Pankreas, sehingga memperngaruhi hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin berfungsi sebagai pengatur kadar gula, bayangkan saja jika hormon insulin dalam tubuh kita rendah, maka kadar gula tidak terkontrol yang kahirnya membahayakan bagi tubuh. Salah satu faktor penyebab dari kadar gula tinggi adalah pola makan yang tidak baik dan tak sehat.

Sedangkan Diabetes Militus merupakan penyakit yang meningkatnya gula dalam darah secara berangsur-angsur dan bervariasi. Tinggi dan rendahnya kadar gula tergantung dari hormon isnulin sendiri sebagai pengubah gula menjadi energy. Sedangkan makanan yang kita konsumsi setiap hari mangandung kadar gula yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan penyakit diabetes jika pankreas dalam tubuh yang menghasilkan hrmon insulin tidak berfungsi dengan baik.

Seseorang  yang terkena panyakit diabetes bisa  menjadi  parah jika orang tersebut memiliki penyakit komplikasi seperti kabutaan, serangan jantung, dan gagal ginjal. Jika kadar gula darah dalam tubuh dapat dikurangi dengan signifikan atau pun sampai pada standart nnormal maka penyakit komplikasi tersebut dapat diatasi pula. Nah bila anda ingigin mengobati secara medis, dapat dilakukan dengan penyuntikan insulin secara berkala dan rutin yang berfungsi untuk mengontrol kandungan gula di tubuh.

Dengan penyuntikan insulin secara berkala tentunya membutuhkan dana yang cukup lumayan. Bagi anda yang ekonomi paspasan dengan pengobatan secara medis ini mungkinsangat membeeratkan jika dilakukan secara terus menerus. Maka dari itu pentingnya anda untuk menjaga badan anda dengan melakukan olahraga, diet, konseling dan farmakologis. Dan nutrisi makanan yang kita konsumsi pun sangat berpangaruh juga  terhadap penyakit diabetes.

Tentunya akan lebih baiknya untuk mencari cara pengobatan alternatif yang efisien dan memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati diabetes militus ini. Bahan-bahan pengobatan alami  atau tradisional tersebut banyak sekali ditemukan disekeliling kita, dan sangat mudah ditemui. Maka dengan hal itu anda akan mengurangi biaya untuk pengobata diabetes melitus.


Pengobatan Tradisional Diabetes Melitus


Ada beberapa tanaman yang berkhasiat untuk mengobati diabetes militus antara lain kulit manggis, rosella dan daun sirsak.  Berikut ini manfaat dan kandungan yang terdapat pada bahan- bahan alami tersebut untuk mengobati diabetes melitus sesuai dengan pakar ahli

Bunga Rosella

Dalam sebuah penelitian bahwa  bunga rosella memiliki kandungan antioksidan  yang terdapat pada kelopak bunga tersebut.  Anti oksindan tersebut terdisi atas senyawa antosianin, gossipetin, dan glukosida hibiscin yang berfungsi memberikan perlindungan tubuh terhadap penyakit yang diakibatkan oleh penuaan seperti  jantung koroner, kanker, katarak, dan diabetes melitus.

Kulit Manggis

Kulit manggis sudah sangat terkenal di masayarakat umum sebagi obat tradisional yang behkhasiat mengobati penyakit. Kulit manggis sendiri memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi. Sehingga sangat baik untuk mengobati diabetes.

Untuk lebih  banyak mengetahui kandungan buah manggis anda dapat juga membaca  artikel"Manfaat Buah Manggis dan Pengolahannyauntuk Kesehatan".


Manfaat dari kulit manggis untuk menutunkan kadar gula dalam darah karena hormon insulin tidak dapat diprosuksi dengan baik oleh pankreas. Pada kulit manggis terdapat zat flavonoid xanthone dan yang berfungsi resistendi hormon insulin dalam tubuh. Selain itu kedua zat ini bersifat antioksidan.

Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata juga memiliki sejuta khasiat terutama mengobati deabetes, walau pada umumnya dikenal sebagi obat kanker. Menurut penelitian, bawahwa ekstrak dari daun sirsak ini dapat meningkatkan fungsi sel beta pankreas.

Daun sirsak memiliki banyak kandungan khasiat yang berguna bagi kesehatan. Unuk mengetahui lebih banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan dari daun sirsak anda bisa membaca artikel ini  "Manfaat Dan FungsiDaun Sirsak Untuk Kesehatan."

Bagi anda yang mengidap diabetes militsu tidak perlu kawatir akan biaya yang mahal, dana dapat megunakan bahan-bahan alami tersebut yang lebih murah daripada obat medis. Semoga berman faat,
adan juga dapat mengunjungi artikel-artikel kami yang lain.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger