Home » , , » Makanan untuk Kesehatan Kulit

Makanan untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit


Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang berfungsi melindungi organ dalam tubuh serta menangkal serangan bakteri dari luar yang hendak masuk ke dalam tubuh. Menjaga kulit agar tetap sehat merupakan suatu keharusan. Anda tidak perlu selalu mengunjungi dokter maupun klinik-klinik kecantikan untuk sekedar merawat kesehatan kulit. Sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman tertentu di sekitar kita yang dapat kita konsumsi untuk menjaga kulit dari kerusakan serta memperlambat efek penuaan. Selain itu, makanan-makanan tersebut apabila dikonsumsi secara teratur dapat membuat kulit sehat dan lebih bercahaya.
Berikut ini kami berikan beberapa contoh makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan kulit

1) Teh hijau
Teh hijau cukup banyak dikenal karena kandungan antioksidan polifenolnya yang melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang sifatnya merusak kulit. Penggunaan teh hijau bisa dilakukan dengan mengaplikasikannya langsung pada kulit atau dinikmati sebagai minuman. Antioksidan di dalam teh hijau mampu mencegah kerusakan pada DNA serta membantu memperbaikinya apabila kerusakan tersebut sudah terjadi. Minum minuman teh hijau bisa juga membuat tubuh tetap terhidrasi, faktor inilah yang juga berperan penting dalam menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

2) Ikan
Ikan adalah sumber protein selain yogurt yang rendah lemak. Beberapa macam ikan seperti todak, salmon, atau tuna merupakan sumber alami asam lemak penting omega-3. Asam lemak ini sangat berperan dalam mengatasi peradangan serta meningkatkan imunitas. Penelitian terbaru pada American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan efek penting asam lemak omega-3 untuk melawan radiasi dan efek merusak sinar ultraviolet pada kulit. Selain itu, ada juga kandungan senyawa antioksidan astaxanthin pada ikan salmon yang dapat mencegah keriput dan kulit kendur.

3) Yogurt
Yogurt dengan kandungan lemak rendah adalah sumber penghasil vitamin A, yakni nutrisi penting untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan vitamin A dalam yogurt tersebut akan membantu tubuh untuk menghasilkan kolagen, semacam protein yang berperan aktif menjaga elastisisitas kulit. 

4) Coklat hitam
Coklat hitam yang lazim disebut dark chocolate kaya akan antioksidan flavonoid. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Cosmetic Dermatology dan European Journal of Nutrition diketahui bahwa coklat hitam tak hanya mampu melindungi pembuluh darah dan jantung, tetapi juga mampu melindungi kulit kita dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari.

5) Kacang Brazil
Kacang bisa jadi makanan yang tinggi lemak, akan tetapi lemak yang baik, yakni jenis lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini mampu menjaga kesehatan sistem aliran darah. Salah satu contoh kacang yang baik adalah kacang Brazil. Kacang Brazil adalah sumber selenium, sejenis mineral penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pada kacang Brazil juga terkandung antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit, semisal vitamin E. 

6) Biji-bijian
Berbeda dengan nasi putih atau tepung halus, biji-bijian seperti haver(oat), beras merah dan gandum memberikan lebih banyak kebaikan bagi kesehatan dibanding biji-bijian sejenis yang mengandung karbohidrat sederhana. Di dalam biji-bijian ini banyak terkandung serat yang sangat baik untuk pencernaan, selain itu juga menjadi makanan penghasil vitamin B seperti niasin, folat, serta zat-zat gizi lain (magnesium dan seng) yang baik untuk kesehatan kulit. 

7) Buah Berry
Ada beberapa jenis buah dari kelompok berry seperti blackberry, cranberry, stroberi, dan raspberry. Buah ini kaya kandungan antioksidan yang bermanfaat melawan kanker serta mencegah serangan penyakit lainnya. Selain itu, buah dari kelompok ini dapat menunjang kinerja antioksidan alami pada kulit serta menangkal radikal bebas.

8) Buah-buahan tinggi kandungan vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan jaringan ikat. Selain itu, vitamin C terkenal efektif dalam mencegah keriput pada kulit. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan seperti kiwi, jeruk, jambu biji, pepaya, dan sebagainya.

9) Kunyit
Kunyit selain dijadikan bahan bumbu masakan, juga dikenal memiliki kandungan zat gizi penting berupa kurkumin, yakni senyawa polifenol yang mampu menghambat perkembangan kanker pada kulit. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga mampu mengurangi peradangan serta berfungsi sebagai antioksidan.

10. Minyak Zaitun dan buah Zaitun
Buah zaitun juga dikenal baik untuk kesehatan kulit. Buah zaiun dapat dimakan langsung maupun diperas sehingga menghasilkan minyak zaitun. Baik buah maupun minyak zaitun sama-sama bermanfaat. Manfaat minyak zaitun dapat digunakan untuk melindungi kulit dari bahaya kanker dan kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari. Kandungan vitamin E di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai pelembab kulit serta bahan pelembab kulit wajah. Selain itu, minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan kulit semisal keriput, eksim, garis-garis halus, ruam, kulit terbakar, bintik hitam, dan mencegah risiko kanker kulit.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger