Home » » Tips Kembali Bersemangat Setelah Libur Panjang

Tips Kembali Bersemangat Setelah Libur Panjang

Kembali Bersemangat


Mengembalikan semangat agar kembali prima seperti sedia kala setelah libur yang panjang bukanlah perkara yang mudah. Meski terdengar remeh, namun perlu suatu kiat khusus agar semangat tidak loyo menjelang hari yang penuh aktivitas. Siapapun senang akan datangnya libur panjang karena itu berarti kita bisa melakukan banyak hal di luar aktivitas kerja yang penuh tekanan seperti pergi liburan, memancing, berkumpul bersama keluarga dan sahabat, bahkan bermalas-malasan di rumah. Namun tidak sedikit yang kehilangan gairah ketika waktu libur usai. Akibatnya, banyak orang yang kembali ke aktivitas rutinnya sehari-hari dengan bermalas-malasan. Kondisi ini bisa teratasi dengan melakukan hal-hal yang mampu membuat kita kembali bersemangat

Untuk anda yang sering kurang bergairah seusai libur panjang bersama keluarga, berikut kami memiliki beberapa tips agar kembali bersemangat menjelang rutinitias sehari-hari seperti bekerja. Tips-tips berikut cukup sederhana dan bisa kita lakukan menjelang aktivitas rutin atau sebelum berangkat kerja. Mari kita kita simak bersama:  

1) Sarapan
Usahakan bagi anda tidak melewatkan jadwal sarapan pagi agar tidak cepat lelah pada siang ahrinya. Sarapan pagi membantu kita memberikan pasokan makanan sehat yang kaya energi untuk mendukung aktivitas di hari itu. Sarapan pagi juga dapat menghindarkan kita dari keinginan ngemil selama menunggu saat makan siang. 

2) Menghirup nafas dalam-dalam
Menghirup napas dalam-dalam sesaat setelah bangun tidur kemudian melepaskannya secara perlahan akan membantu anda merilekskan pikiran serta menghindari cemas akibat stres yang berlebihan.

3) Olahraga ringan
Olahraga tidak harus anda lakukan dengan jogging di seputar kompleks atau pergi menuju pusat kebugaran. Namun ketika anda merasa tidak bergairah, cobalah melakukan olahraga ringan di dalam rumah seperti lari kecil naik turun tangga atau sit-up. Menggerakkan tubuh anda seusai bangun tidur akan membantu anda melancarkan aliran darah, meningkatkan konsentrasi, serta memperbaiki metabolisme tubuh.

4) Minum air dicampur madu
Kebiasaan minum kopi pada pagi hari bisa jadi sulit untuk dihindari. Namun, kebiasaan ini sebaiknya anda kurangi ketika sedang tidak memiliki gairah. Hal ini karena kopi bersifat diuretik yang mampu menghilangkan cairan dari dalam tubuh. Sebagai alternatif, anda bisa mengkonsumsi air mineral yang diberi campuran lemon atau madu. Campuran ini diketahui mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melancarkan sirkulasi dalam tubuh.

5) Bersihkan rumah
Membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya agar senantiasa rapi bisa membantu otak anda untuk lebih berkonsentrasi. Selain itu, anda akan merasa tenang dan nyaman melihat kondisi sekitar yang bersih dan rapi.

6) Jauhkan alarm
Meski alarm menjadi alat yang efektif untuk membangunkan anda dari tidur, namun terkadang alarm dapat memberikan sedikit efek tekanan pada sisi psikologis anda. Selain itu, coba letakkanlah alarm di lokasi yang agak jauh dari tempat anda tidur agar tubuh bisa melakukan peregangan dan gerakan saat hendak mematikannya. Hal ini akan membuat anda langsung terbangun tanpa refleks tidur kembali di tempat tidur. 

7) Pilih warna penggugah semangat
Manfaat warna untuk mempengaruhi suasana hati memang sudah tak terbantahkan. Bagi anda yang mulai kehilangan gairah seusai liburan cobalah tips berikut. Kamar tidur sebagai tempat privasi juga berperan dalam mengembalikan gairah yang hilang menjelang aktivitas rutin. Seusai pergi liburan, cobalah anda ganti gorden anda, selimut, atau sprei dengan warna baru yang mampu menggugah semangat anda. Biasanya yang dipilih adalah warna-warna terang atau warna yang menjadi favorit. 

8) Ceritakan pengalaman selama liburan
Ketika libur panjang telah usai, hendaknya anda tidak terus mengisolasi diri. Alangkah baiknya bila anda berbagi cerita kepada saudara atau teman-teman tentang pengalaman menyenangkan di saat menghabiskan liburan. Aktivitas berbagi cerita ini dapat membantu anda menciptakan suasana hati gembira serta membantu anda kembali fokus untuk menjalani berbagai aktivitas rutin.

9) Tegakkan tubuh
Menjaga tubuh anda tetap tegap ketika berjalan dapat membantu mengatasi ketegangan. Postur tegak in akan membuat aliran darah semakin lancar, sehingga anda dapat berpikir dengan lebih jernih.

10) Berkumpul bersama teman
Tidak sedikit dari kita yang mengeluh tak bersemangat setelah libur panjang usai. Daripada mengeluh, alangkah baiknya anda membuat suatu rencana untuk sekedar berkumpul bersama teman-teman seusai jam kerja. Hal ini bisa membantu anda menghindari stres seusai liburan.

Semoga tips-tips diatas mampu membantu anda kembali bersemangat dan berkonsentrasi untuk bekerja kembali seusai libur panjang.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger