Home » , » Tips Menggemukkan Badan

Tips Menggemukkan Badan

Menggemukkan Badan


Banyak dari kita merasa tidak puas dengan bentuk badan kita. Sebagian mereka yang berbadan gemuk terkadang merasa kecewa dan tidak percaya diri atas kelebihan berat badan yang dimilikinya. Mereka berusaha dengan segala cara untuk menurunkan kelebihan berat badan tersebut. Begitu pula dengan mereka yang berbadan kurus. Hanya saja perbedaannya, apabila orang gemuk ingin menurunkan kelebihan berat badannya, mereka yang berbadan kurus ingin sekali menaikkan berat badannya sehingga tubuhnya akan terlihat lebih berisi. Sebagaimana penurunan berat badan, menggemukkan badan bukanlah suatu perkara yang mudah. Namun satu hal yang perlu anda ingat bahwa menggemukkan badan harusl dilakukan dengan pola dan cara sehat. Hindari cara-cara instan yang dapat memicu datangnya penyakit. 

Bagi anda yang termasuk diantara mereka yang ingin menggemukkan badan, berikut ini kami berikan beberapa tips efektif untuk menggemukkan badan dengan cara dan pola yang sehat. Diantaranya adalah:

1) Menambah asupan kalori
Untuk melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat, pria membutuhkan asupan kalori kira-kira 2200 kalori, sementara wanita membutuhkan 1900 kalori setiap hari. Bagi anda yang berniat menggemukkan badan, cobalah tambah asupan kalori anda sebanyak 1000 kalori per harinya agar berat badan bertambah. Penambahan kalori sejumlah ini akan menaikkan berat anda sekitar 1/2 kilo dalam jangka waktu seminggu. Penambahan asupan kalori ini bisa dilakukan dengan meningkatkan porsi makan lebih dari biasanya. Cara lainnya bisa juga dengan menambah intensitas makan semisal 2 kali lebih sering dari frekuensi makan biasanya. Selain itu, memakan makanan camilan atau makanan ringan seperti kacang hingga 2-3 kali di sela-sela jadwal makan anda juga ikut membantu. Satu hal yang juga penting adalah sesuaikan kebutuhan kalori anda dengan aktivitas yang anda lakukan. Apabila anda melakukan aktivitas yang lebih berat dibandingkan biasanya, maka tambahkan asupan kalori yang lebih banyak.

2) Batasi makanan  yang tinggi kalori
Batasi makanan yang mengandung kalori tinggi dan tidak sehat semisal jenis makanan yang memiliki kandungan lemak trans (fastfood, daging olahan, dan lain sebagainya).

3) Pemilihan makanan
Pemilihan makanan khusus yang hendak dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Sebagian besar makanan yang bisa anda pilih usahakan yang berbahan dasar susu atau mengandung kalori tinggi. Berikut beberapa contohnya:

Pilihlah jenis sayuran seperti lobak, wortel, kentang, kacang polong, jagung, serta sayuran lain yang mengandung zat tepung.

Pilihlah susu dan jus buah (dengan pola konsumsi hingga 2 gelas/hari) dibandingkan mengkonsumsi kopi, teh, dan soda.

Konsumsi sup dengan bahan dasar krim.

Pilih jenis buah-buahan seperti apel, nanas, pir, dan pisang.

Selalu tambahkan topping atau taburan pada makanan seperti donat, roti, atau eskrim. Anda bisa juga menggunakan jenis krim seperti mayones, mentega, dan keju karena bahan-bahan tersebut mengandung kalori cukup tinggi.

Gunakan minyak yang sehat untuk memasak seperti minyak canola, minyak kelapa, minyak zaitun, dan mentega.

4) Konsumsi makanan yang tinggi protein
Cobalah untuk memperbanyak konsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi serta rendah lemak. Makanan-makanan dengan kandungan ini contohnya sayuran, buah, ikan tuna, dada ayam, serta makanan laut. Protein memiliki peran cukup penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot.

5) Olahraga
Dengan rutin berolahraga, anda akan membantu kelancaran metabolisme dalam tubuh serta merangsang datangnya nafsu makan. Energi yang terkuras dari aktivitas berolahraga akan membuat anda tergerak untuk segera makan.

6) Cukup tidur 
Usahakan untuk selalu cukup tidur. Waktu tidur yang disarankan kurang lebih selama 7-8 jam / hari. Selain itu hindari juga kebiasaan begadang.

7) Konsumsi air putih 
Mengkonsumsi banyak air putih hingga melebihi 8 gelas / hari akan sangat membantu anda menyiapkan energi yang kemudian dikonversi berupa penambahan dalam bobot tubuh. 

8) Konsumsi suplemen
Bila perlu, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen khusus penambah berat badan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menggemukkan badan. Intinya yang terpenting, anda perlu disiplin dan konsisten dalam melakukan program penggemukan badan yang anda jalani. Sebagian orang mungkin memiliki kondisi yang menghambatnya untuk menjalankan program penggemukan badan. Oleh karena itu, sebelum memulai program penggemukan badan, cobalah untuk berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi atau dokter anda. Semoga dapat bermanfaat. 

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger