Home » » Cara-cara Efektif Memutihkan Kulit Wajah

Cara-cara Efektif Memutihkan Kulit Wajah

Memutihkan Kulit Wajah


Kebanyakan orang menyukai kulit yang putih dan bersih, apalagi daerah kulit wajah. Berbagai cara ditempuh untuk memutihkan kulit wajah, meskipun ada yang terkesan instan dan kurang aman. Kulit putih sendiri mayoritas lebih disukai oleh masyarakat asia tenggara dan timur (semisal indonesia). Daerah ini merupakan daerah tropis dimana sinar matahari menyebabkan kulit terbakar menjadi kecoklatan. Alasan itulah yang mungkin menyebabkan sebagian besar wanita indonesia menyukai kulit yang putih karena nampak lebih bersih dan elegan. Meski demikian, sebagian orang barat (orang berkulit putih) cenderung mengidamkan kulit yang berwarna kecoklatan. 

Di Asia, saat ini muncul berbagai produk pemutih dan pencerah kulit, yang tentu saja sebagian besar konsumennya adalah para wanita. Industri kosmetik (khususnya perawatan dan pemutih kulit) banyak yang meraup keuntungan dari populernya trend kulit putih. Cukup banyak produk pemutih wajah saat ini yang menawarkan hasil kulit putih dan cerah dalam waktu singkat. Namun di balik itu semua, keamanannya bagi kulit masih dipertanyakan. Rata-rata konsumen (khususnya wanita) terlalu memaksakan diri untuk memutihkan kulit wajahnya. Alhasil, mereka harus membayar mahal di kemudian hari karena kerusakan kulit yang dialaminya.

Banyak sekali kosmetik pemutih wajah dengan kandungan zat berbahaya seperti merkuri yang dijual bebas di pasaran. Urusan memutihkan kulit wajah sebenarnya mengandung risiko karena kulit yang berubah warna menjadi putih (yang sebelumnya berwarna gelap) berarti mengalami suatu penipisan melalui beberapa kali pengelupasan sel kulit. Kulit wajah yang tipis pada akhirnya rentan terhadap bahaya sinar ultraviolet matahari, sehingga apabila tidak memakai tabir surya, kulit bisa terbakar dan berisiko terkena flek hitam dan kanker kulit. Bagi anda yang mendambakan kulit wajah putih dan berseri, sebenarnya ada cara-cara mudah yang alami untuk memutihkan kulit wajah daripada harus memakai kosmetik pemutih yang belum tentu aman. Berikut kami berikan ulasannya beserta cara-cara perawatan kulit dari dalam:

1) Perbanyak asupan vitamin A. 
Kulit yang putih berseri biasanya sehat. Kulit yang sehat membutuhkan banyak asupan vitamin. Susu kaya akan vitamin A. Kulit sendiri pada dasarnya memiliki beberapa komponen yang terdiri atas Retinol, yakni Vitamin A. Makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin A diantaranya adalah susu rendah lemak, kuning telur, dan tiram. Selain itu, vitamin A juga bisa diperoleh melalui konsumsi makanan dengan kandungan beta karoten tinggi seperti semangka, wortel, dan pepaya. Kandungan beta karoten dalam buah-buahan ini dapat membantu meminimalisir efek kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

2) Tambah asupan anda atas vitamin C 
Vitamin C dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Menambah asupan vitamin C dalam tubuh dapat membantu menjaga kulit tetap kuat dengan cara mempertahankan struktur kolagen kulit. Asupan vitamin ini dapat ditingkatkan melalui: 

o Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, contohnya buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, paprika manis, stroberi, melon, kacang hijau, dan tomat.

o Minum suplemen dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Bila cara ini dirasa perlu, konsumsi suplemen tersebut sebanyak 250 mg per-hari dan jangan melebihi dosis ini. 

o Pilihlah produk pemutih atau pencerah wajah yang aman 
Kosmetik pencerah atau pemutih kulit wajah yang mengandung asam kojic atau hydroquinone bisa mengurangi kadar melanin pada kulit ketika diaplikasikan. Meski efektif dalam mencerahkan kulit, kosmetik jenis ini juga berisiko. Maka dari itu, pemilihan kosmetik pemutih wajah yang sudah terbukti aman dan terbebas dari zat-zat berbahaya sudah menjadi suatu keharusan. Meskipun efek mencerahkannya pada kulit terkesan perlahan.

3) Membatasi paparan langsung terhadap polusi dan sinar matahari 
Bila harus keluar rumah dan terpapar cahaya matahari langsung, gunakan tabir surya yang mengandung setidaknya SPF 15. Radikal bebas dari polusi udara juga bertanggung jawab atas kusamnya kulit dan munculnya jerawat. Maka dari itu, segera cuci bersih wajah seusai beraktivitas di luar rumah. 

4) Olah raga rutin 30-60 menit setiap harinya
Olahraga juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Dengan meluangkan waktu untuk melakukan olahraga setiap harinya, anda akan terbebas dari stres dan racun dalam tubuh bisa ikut keluar melalui keringat. Karena kulit sering berkeringat dari aktivitas olahraga yang dilakukan, kulit wajah akan menjadi cerah berseri dan lebih kuat. 

5) Minum air 8-10 gelas per hari. 
Manfaat air putih untuk menjaga kesehatan kulit sudah tak terbantahkan. Air putih juga terbukti efektif menjadi obat paling murah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Konsumsilah air putih dalam jumlah cukup untuk membantu menjaga kelembaban kulit dari masalah kekeringan. Dampak dari kekurangan air putih anda dapat membaca "Dampak Kurang Minum Air Putih bagi Kesehatan"

6) Menggunakan lemon
Asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon secara perlahan bekerja pada pigmen kulit, akan tetapi proses ini memakan waktu yang cukup lama. Untuk caranya: campurkan jus lemon yang masih segar ke dalam air, lalu oleskan sampai rata di permukaan kulit wajah. 

7) Mengoleskan madu
Madu juga bisa membuat kulit wajah sehat dan cerah dengan cara mengoleskannya pada kulit wajah. Kemudian pijat kulit secara perlahan dan setelah kurang lebih 15 menit berselang, bilas wajah hingga bersih. Madu selain bermanfaat untuk meregenerasi dan mencerahkan kulit, juga terbukti mampu menghilangkan noda akibat jerawat. Untuk manfaat madu yang lainnya anda dapat membaca "Manfaat Madu bagi Kesehatan"

8) Membuat masker wajah.
Untuk menjaga kesegaran dan mencerahkan kulit wajah, cobalah untuk membuat masker wajah dari bahan-bahan alami berikut: 
o Masker dari buah almond
o Masker dari sayur bayam yang dihaluskan

Cara-cara memutihkan kulit wajah diatas bisa anda praktekkan. Selain lebih murah dan mudah, cara-cara tersebut juga aman bagi kesehatan kulit anda. Semoga bermanfaat. 

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger