Home » , » Mengobati Batuk Berdahak dengan Pengobatan Tradisional

Mengobati Batuk Berdahak dengan Pengobatan Tradisional

Mengobati Batuk


Dalam kehidupan sehari-hari, penyakit batuk sering kita jumpai dan tak luput kita pun pernah mengalami sakit batuk. Betuk merupakan proses alamiah yang dialami pada setiap orang. Ada beberapa faktor penyebab batuk dan sangat erat berkaitan dengan sistem pernafasan.

Batuk memiliki tingkatan atau level nya, mulai dari batuk ringan, batuk sedang  sapi pada batuk berat yang biasanya bersamaan dengan keluarnya darah.

Batuk bukan merupakan perkara yang sederhana seperti anggapan kebanyakan orang. ada beberapa faktor seseorang terserang batuk jangka pendek amupun jangka panjang, jika tidak ditangani maka akan mengganggu aktivitas dan menjadi bertambah parah, penyebabnya antara lain sebagai berikut :

Terjadinya tetesan di belakang hidung

Jika produktifitas dahak secara berlebihan ini mungkin terjadi karena beberapa sinusitis dan alergi. Terjadinya iritas yang kemudian menyebabkan batuk disebabkan oleh menetesnya markus yang dari belakang hidung ke tenggorokan.

Influenza dan Pilek

Influenza dan Pilek merupakan salah satu faktor yang umum seseorang terjangkit batuk.

Asma

Batuk yang bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya penyempitan atau peradangan pada saluran nafas). Oleh sebab itu, jika anda atau keluarga anda tidak ingin terserang asma, maka hindarilah yang menjadi penyebab iritasi yang memicu gangguan pernafasan, termasuk batuk.

Lingkungan

Lingkungan salah satu faktor yang menjadi penyebab batuk, kondisi lingkungan lah yang menjadi pemicu diantaranya asap, batuk, debu, rokok, asap, semprotan aerosol dan  udara yang dingin.

Obat-obatan

Yang perlu anda ketahui, ternyara obat bisa terjdi karena efek samping dari bobat-obatan yang dihirup seperti kortikostreoid. Selain itu batuk pun bisa terjadi akibat pemakaian penghambat angiotensin converting enzyme untuk penyakit jantung dan betablocker Gastroesophagael reflux.

Terkadang batuk semakin parah disebabkan karena asam lambung yang mengalir ke dalam esophagus. Jika asma semakin parah dari  Gatroeshopagael reflux yang menjadikan batuk semakin parah.

Batuk dibagi menjadi dua, yaitu batuk berdahak  dan batuk tidakberdahak. Bauk berdahak sendiri sangat mengganggu dalam aktivitas kegiatan sehari-hari, terutama bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Penanganan batuk berdahak harus dilakukan segera agar batuk tidak semakin parah sehingga anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari sebagaimana mestinya.

Perlu anda ketahui, mengobati tidak hanya bisa dilakukan dengan obat-obatan kimia yang diproduksi oleh pabrik, namun bisa dengan bahan-bahan alami atau tradisional.

Ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk mengobati batuk berdahak sebalum berlanjut untuk memahami bahan-bahan  mujarap apa saja untuk mengobati batuk.antara lain sebagai berikut :

  • Jauhilah tepat dingin dan yang berdebu, karena kedua hal itu yang menjadi salah satu penyebab batuk
  • Guanakan jaket, selimut atau pakaian yang tebal untuk menjaga kehangatan tubuh anda. Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.
  • Berhenti untuk melakukan hal-hal yang memicu batuk, seperti minum alkohol atau merokok.
  • Tidurlah secara teratur dan cobalah untuk banyak istirahat, kurangi intenitas melakukan aktivitas secara berlebihan.
  • Perbanyak minum air putih, bila kondisi normalnya 7-8 gelas setiap harinya. Air putih dapat membantu untuk mengencerkan dahak

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang mujarap untuk mengobati batuk berdahak anda.

Jahe

Jahe sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari terutama didapur sebagai bumbu masak, jahe memiliki kandungan zat anti bakteri yang sangat baik. Pada masayarakat umumnya, jahe menjadi ramuan untuk panghangat tubuh terutama daerah dingin dan juga sebagai obat batuk berdahak. Untuk pengobatan, dianjurkan minum jahe minimal 1 kali sehari dalam kondisi hangat. Cara pengolahnnya yaitu jahe diiris-iris, kemudian direbus dan air hasil rebusan tadi diambil kemudian diminum.


Sudah menjadi hal yang umum jeruk nipis digunakan untuk mengobati batuk, yaitu dengan dicampur kecap. Namum ada sebagian orang yang tidak suka dengan kecap, anda bisa menggantikannya dengan madu. Minumlah air perasan jeruk yang dicampur kecap atau madu setiap hari 2-3 kali.

Daun Sirih

Batuk berdahak bisa juga diobati dengan daun sirih. Cara meramunya yaitu dengan merebus daun sirih tersebut, ambil secukupnya dan ditambahkan dengan potongan jahe. Minumlah minimal 1 kali sehari secara rutin.

Bahan-bahan tersebut nerupakan bahan alami yang sangat ampuh dan mujarap untuk mengobati batuk berdahak. Bahan-bahan alami tersebut tidak memiliki efek samping, itulah keuntungannya, selin itu dapat memangkas biaya dan bahannya pun mudah sekali ditemui di sekitar kita





Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel favorit

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot
 
Support : Kesehatan | Tips Kesehatan Kita
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Kita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger